Jumat, 09 Januari 2009

Maraknya e-recruitment

Seiring dengan perkembangan teknologi terutama dalam penggunaan internet, banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini untuk membuka lowongan pekerjaan, hal ini dikarenakan agar lebih efektif dan efisien. Jika kita mengejar effisiensi proses link & match, maka kemungkinan yang akan kita bangun sebuah sistem (biasanya berbasis database) yang memungkinkan kemudahan proses submission resume / cv, proses submission adanya lowongan kerja, serta search bagi pencari kerja & pemberi kerja dengan kriteria tertentu yang digunakan sebagai parameter. Contoh kriteria dalam proses searching misalnya tingkat pendidikan, pengalaman kerja, penguasaan skill / pengalaman yang spesifik, riwayat gaji, referee, aktifitas organisasi profesional & kemampuan bahasa asing. Beberapa situs pencari kerja yang mungkin lebih berbasis untuk mengejar effisiensi seperti http://www.karir.com, http://www.lowongan.net.
Tentunya hanya effisiensi saja tidak cukup dalam proses e-recruitment, seseorang pasti akan ingin maju dalam karir-nya. Alangkah indahnya jika proses e-recruitment pada akhirnya dapat di integrasi secara baik dengan proses pematangan skill seseorang. Hal ini tampak jelas pada komunitas vertikal seperti http://www.verticalnet.com yang membangun banyak komunitas vertikal dari berbagai bidang yang relatif spesifik. Dalam komunitas vertikal ini, terjadi interaksi baik secara vertikal antara vendor / industri hilir & hulu maupun horizontal termasuk forum-forum untuk continuing education para skilled worker.

Dari sisi keilmuan menjadi sangat menguntungkan bagi seseorang untuk bergabung dalam komunitas vertikal ini karena semua vendor berlomba-lomba memberikan informasinya kepada anggota komunitas vertikal agar produknya dipakai oleh para skilled worker di tempat kerjanya. Tentunya ilmu yang melimpah ini menjadi sangat baik untuk membuka wawasan para pekerja ini. Di samping itu, keberadaan forum-forum diskusi di komunitas vertikal secara tersamar dapat menjadi medan untuk peer review seseorang yang akhirnya mengarah pada acknowledgement & pengakuan akan ke ahlian seseorang.

Tentunya konsep yang lebih kompleks lagi untuk mengembangkan wawasan seseorang adalah knowledge management yang akan sangat powerfull jika di integrasikan dengan proses pendidikan jarak jauh & e-recruitment yang pada akhirnya memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk memperoleh kesempatan kerja, pengetahuan & informasi.

Referensi:
Onno W. Purbo

1 komentar:

  1. Setujuuu dengan Internet, jarak jadi tidak masalah, dan yang paling penting adalah, Pemangkasan Biaya iklan...tinggal bagaimana pemaksimalannya saja. seperti menggunakan software sekali klik bisa beriklan di 280 situs :)

    Salam
    Ramaniko
    www.kumpulanlinkindonesia.blogspot.com

    BalasHapus